MERAWAT IMAN

Tubuh dirawat dengan makanan dan minuman bergizi 

Ruh dirawat dan diimbangi dengan ngaji.


seperti padi yg harus dirawat dengan baik, diberikan pupuk, diberikan air yang cukup, diberikan anti hama dll, untuk mendapatkan hasil panen yang bagus dan berkualitas. Karena Sesuatu yang dirawat itu akan tumbuh bagus.


Ruh harus dirawat dan diimbangi dengan ngaji. Ngaji itu mendengarkan orang berbicara, dan Bicara itu menggerakkan, menyemangati, mengubah minset.

Nabi pernah berkata sampaikan dariku walaupun cuma 1 ayat.

- sampaikan= bicara


Allah mengabarkan kepada Rasul-Nya, orang Yahudi dan Nashrani tidak akan ridha sampai kita mengikuti ajaran mereka. Karena mereka akan terus mengajak untuk mengikuti ajaran mereka dan mereka anggap itulah sebagai al-huda (petunjuk).


Tapi dibalik itu, kita bersaudara berbangsa iya, support dalam ketaatan kebaikan iya, mendukung saling support selama bukan dalam perkara maksiat kepada Allah apalagi dalam ranah aqidah.


Jangan jadikan orang orang yg munafik dan kufur sebagai sahabatmu.

Kalau kalian hendak bersahabat jangan kalian sahabati kecuali orang beriman.


Bagaimana cara mengetahui orang itu pantas atau tidak kita jadikan sahabat ?

- Kalau kita melihat secara zahirnya beliau sudah salat, kewajiban tidak pernah ditinggalkan oleh beliau, beliau juga termasuk orang yang berusaha untuk berhikmat kepada agama, beliau juga termasuk orang-orang yang berusaha untuk mendekat kepada Allah.


kata nabi shallallahu alaihi wasallam, riwayat Muslim nabi bersabda, kalau kamu menyaksikan orang keluar masuk masjid, keluar masuk masjid, keluar masuk masjid, bersaksilah bahwa dia orang baik. Walaupun semua orang-orang yang ada di masjid belum tentu punya niat baik semua.


-Tidak boleh kalian menganggap diri kalian suci, tapi kita harus memperbaiki diri.


kita itu nanti tergantung teman dekat kita itu siapa, jadi berhati-hatilah ketika kita memilih teman karena teman, karena itu sangat berefek dan mempengaruhi gaya hidup, tutur kata, gaya bahasa, apa yang kita lontarkan, apa yang kita kemukakan, apa yang kita konsumsi, apa yang kita bersamai, itu semuanya saling berefek jamaah.


Hidup Tergantung siapa temannya maka berhati-hatilah diantara kalian kepada siapa jikalau mau berteman dekat.


Teman sejati adalah teman yang membenarkanmu ketika kamu pernah keliru bukan yang selalu membenarkan semua kekeliruanmu.


Kalau jamaah mau tahu siapa teman kita yang sesungguhnya siapa teman yang benar-benar sayang sama kita lihat siapa di antara teman kita yang mengingatkan sholat.


- Hidup ini tentang siapa yang jadi prioritas. Kalo prioritas nya Allah, sesibuk sibuknya pasti disempatkan.


3 syarat teman yg harus dipertahankan 

1. Mengingatkan sholat

2. Mengingatkan akhirat

3. Membuat engkau semakin dekat dengan allah.


= Itu tadi pertama, jangan jadikan orang-orang munafik dan orang-orang yang kufur sebagai teman dekat 




Selajutnya, mereka berhijrah kepada Allah. artinya kalau mereka sudah taubat kembali kepada Allah dan menyesali perbuatannya, mengembalikan apa yang sebagai haknya, ada haqul adami lalu dikembalikan kepada mereka, boleh kita berteman sama mereka. syaratnya mereka sudah kembali kepada Allah sudah berhijrah bertobat kepada Allah, kembali kepada Allah, boleh kita nanti kembali lagi bersama mereka dalam pergaulan.


Ingat, Siapapun yang hari ini sedang ada masalah apapun, punya potensi untuk lebih baik.

Mau seburuk-buruknya orang di hari ini tetap dia punya potensi masa depan yang lebih baik. okelah hari ini dia berkhianat tapi belum tentu selamanya jadi penghianat.  boleh jadi besok Allah sukseskan dia dikembalikan uangnya,  maka setiap orang yang buruk suatu saat bisa jadi baik walaupun sekali lagi kita nggak pernah bisa menjamin apakah dia baik benar-benar baik karena Allah ataukah baik karena memang ada maksud maksud tertentu.

yang penting tugas kita kalau memang dia sudah jadi baik doakan supaya Istiqomah, wafatnya Khusnul khotimah, 

al'araf 199 : berpalinglah kamu dari orang-orang yang jahil.

Boleh kita mau berpaling dari orang-orang yang berkhianat, kita mau berpaling dari orang-orang yang selalu membully kita, kita menjaga jarak, tapi tidak memutus silaturahmi. 


Islam itu Rahmah, bahkan tidak ada peperangan yang punya adab melainkan Islam delapan adab dalam Islam.


1. Tidak boleh membunuh perempuan

2. Tidak boleh membunuh orang yg sudah tua

3. Tidak boleh membunuh anak kecil

4. Tidak boleh membunuh orang yg sedang menyerah

5. Tidak boleh merusak barang umum

6. Tidak boleh merusak tanaman

7. Tidak boleh membunuh hewan

8. Tidak boleh merusak tempat ibadah


#MateriLiqo #Halaqoh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh makalah sistem Perakitan Manual Pada Produksi Massal

6 Oleh-Oleh Khas Pandeglang yang Paling Populer